Sikap Senantiasa Belajar Membawa Keputusan yang Berbobot

Sikap Senantiasa Belajar Membawa Keputusan yang Berbobot

Senantiasa belajar membawa keputusan yang berbobot.

 

Tidak ada seorang pun yang telah mencapai kesuksesan yang belum pernah bertemu dengan suatu masalah. Tidak ada seorang penemu di dunia ini  yang belum pernah mengalami masalah dalam percobaannya.

Thomas Edison gagal lebih dari sepuluh ribu kali dalam percobaannya sebelum menemukan jalan keluar yang tepat untuk bola lampu temuannya. Suchiro Honda gagal berkali-kali sebelum menemukan sepeda motornya yang kini merajai jalanan di berbagai penjuru dunia. Mereka sukses karena mereka senantiasa belajar mengatasi masalah. Dari cara inilah, senantiasa belajar membawa keputusan yang berbobot.

Karena dengan gagal berkali-kali kita semua belajar untuk tidak mengulangi kesalahan yang telah di lakukan, dan mencoba dan terus membuat agar usaha selanjutnya lebih baik lagi. Karena telah melihat kesalahan membawa kegagalan sebelumnya dari situ belajar untuk tidak mengulangi kembali. senantiasa belajar membawa keputusan yang berbobot. Itulah arti sesungguhnya.

Memang pada umumnya masalah itu menyatikan pada awalnya. Tapi, bukan berarti masalah itu buruk bagi kita, kecuali kita menerima masalah sebagai kekalahan dan menghentikan langkah kita. Menurut Napoleon Hill, Masalah adalah satu bahasa yang digunakan oleh alam untuk berbicara kepada makhluk hidupnya untuk menunjukkan peluang. Dengan masalah kita menjadi rendah hati sehingga dapat memperoleh kebijaksanaan dan pengertian.

Kita harus menyadari bahwa titik balik ketika kita mulai mencapai kesuksesan, biasanya ditandai oleh suatu bentuk masalah.

Jangan taku menghadapi maslaah! apa pun bentuk masalah kita, besar atau kecil, percayalah ada pelajaran yang dapat kita ambil dari semua itu agar kita menjadi lebih dewasa dan bijaksana. Jangan anggap masalah sebagai batu sangnungan, tapi jadikan masalah sebgai kesempatan belajar untuk mengasah cara, metode, da proses berpikir kira.

Pemecah masalah dan pengambil keputusan bukanlah sebuah bakat yang tidak bisa dipelajari yang dimiliki oleh segelintir orang tertentu saja. Ini adalah soal kebiasaan proses berpikir rasional. Semua orang bisa menjadi pemecah masalah dan pengambil keputusan yang berbobot, Jika saja kita mau belajar mengembangkan keterampilan, sika dan proses berpikir rasional yang tepat. Tanpa sikap dan ptoses berpikir rasional seorang pemecah masalah, kita tidak akan mampu melihat peluang, kesempatan, dan jalan keluar setiap masalah. Dengan memiliki sikap dan proses berpikir rasional yang tepat, tentu akan memberikan hasil yang tepat pula.

Karena itu membahas mengenai berpikir rasional sebagai prosesm yaitu serangkaian tahapan yang dipraktikan, diulangi, dan dilakukan untuk mecapai hasil yang kita inginkan. Adalah sesuatu yang harus dimengerti dan dipelajari sehingga dalam proses berpikir dalam memecahkan persoalan bisa dengan menggunakan berpikir rasional.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: