Manfaat Berpikir Rasional Bagi Entrepreneur Muda

Manfaat Berpikir Rasional Bagi Entrepreneur Muda

Manfaat berpikir rasional bagi entrepreneur muda.

Refrensi : Problem Solving and Decision Making For Improvement

Ada banyak manfaat yang kita dapatkan, apabila kita memperlakukan berpikir rasional sebagai proses-serangkaian langkah yang bisa didefinisikan, diterapkan, dan diulang, yang akan menghasilkan kesimpulan yang bermutu. Beberapa diantaranya adalah :

Manfaat Berpikir Rasional Bagi Entrepreneur Muda Mengurangi Ketergantungan Pada Pengalaman atau Naluri Belaka,

Pengalaman adalah guru yang baik,namun, dalam dunia yang berubah dengan amat cepat inim pengalaman memiliki keterbatasan. Apa yang kita ketahui menjadi kedaluwarsa terlalu cepat, sehingga kita tidak bisa mengandalkan hanya pengalaman atau pengetahuan. Tidak jarang, kita pikir kita sudah pernah berada dalam suatu situasi sebelumnya, dan kita dengan gegabah akan mengambil kesimpulan yang sama. Namun, pemerikasaan lebih saksama dan teliti, mungkin, mungkin akan mengungkap perbedaan antara situasi di masa sekarang, dengan masa lalu.

Solusi lama tidak selalu cocok untuk situasi baru. Riset menunjukan bahwa hubungan antara keyakinan seseorang terhadap ketepatan jawaban untuk persoalan yang sulit, dengan jawaban itu sendiri, sangat kecil. Pengambil kesimpulan yang dilakukan tanpa proses berpikir kerap kita rujuk sebagai “Naluri”.

Selain itu, orang-orang, sering kali, diharuskan bekerja sama untuk menemukan solusi, atau menghasilkan suatu kesimpulan. Namun, tidak semua orang datang dengan pengalaman yang sama. Langkah-langkaj dalam berpikir rasional membantu kita menyortir pendapat yang berbeda dan mempertimbangkan hanya informasi serta variabel yang relevan.

Manfaat Berpikir Rasional Bagi Entrepreneur Muda: Membantu mempelajari kemampuan baru.

Contoh dari pernyataan tersebut bisa dilihat dari seseorang yang belajar melakukan servis permainan bulu tangkis. Ketika pelatih mengajarkan seseorang untuk membuat servis, dia, biasanya, mengajarkan hal itu per tahapan, misalnya, pemosisian kaki, melempar shuttlecock, dan menggerakkan raket. Setiap elemen ini bisa diperhatikan dan dilatih secara individual, maupun keseluruhan. Setelah setiap elemen diterapkan secara benar saat dilakukan bersamaan, maka proses belajar sudah lengkap.

Proses yang sama berlaku juga untuk berpikir. Seperti mempelajari kemampuan baru, kita bisa membagi keterampilan memecahkan masalah menjadi elemen-elemen yang lebih kecil, dan belajar menguasainya satu per satu. Dengan begitu, kita meningkatkan kemampuan berpikir, serta membantu orang lain meningkatkan kemampuan mereka.

Manfaat Berpikir Rasional Bagi Entrepreneur Muda: Membuat Proses Berpikir Menjadi Konkret

Kecuali kita tahu proses pengambilan kesimpulan seseorang, kita hanya bisa mengkritik jawaban atau kesimpulan yang dicapainya. Namun, apabila kita bisa memecah proses berpikir menjadi beberapa tahapan, dan melihatnya sebagai suatu konsep konkret, kita dapat mengkritik baik proses berpikir kita sendiri, maupun orang lain.

Seorang guru matematika sering meminta murid-murinya untuk menunjukan hasil kerja mereka. Jika yang dipentingkan adalah jawabannya, pekerjaan (atau proses) yang telah dilakukan menjadi tidak relevan. Memperlihatkan hasil kerja murid membuat guru (juga murid itu) melihat apabila ada kesalahan. Apakah simurid salah mengerti konsep yang diajarkan, atau sekedar salah menuliskan rumusnya? DI bagian mana, apakah di konsep maupun rumusnya, yang memerlukan ketelitian ekstra dari si murid? Apakah kesalahan ini menunjukkan perlunya penyampaian ulang dari pelajaran?

Manfaat Berpikir Rasional Bagi Entrepreneur Muda : Mengingat Proses Berpikir Rasioan Adalah Sama – Selepas Dari Konten Yang diperlukan Setiap Situasi-

Kita bisa menerapkan proses itu dalam setiap situasi, meskipun konten permasalahannya sama sekali berbeda, atau belum pernah kita alami. Berpikir rasional membantu kita membuat keputusan di tengah kondisi yang sama sekali baru, dengan menyediakan langkah-langkah pengumpulan dan pengolahan informasi.

Manfaat Berpikir Rasional Bagi Entrepreneur Muda : Menerapkan Proses Dalam Situasi yang Barum Atau Tidak Dikenal.

Apabila kita memiliki proses berpikir, kita akan dapat mengulang proses yang sama dalam sitasi lain. Jika kita tidak sadar akan  apa yang kita lakukan, atau bagaimana kita melakukannya, maka kecil kemungkinannya kita mengulang keberhasilan sebelumnya. Hal sebaliknya akan terjadi apabila kita terus dengan sadar membuat penyesuaian dalam proses berpikir, dan selalu memasukan elemen-elemen kunci dalam proses tersebut.

Manfaat Berpikir Rasional Bagi Entrepreneur Muda : Memabantu Orang Lain Meningkatkan Kemampuan Berpikir.

Saat kita melihat sebagai suatu proses maka kita dapat mengajarkan orang lain cara meningkatkan kemampuan berpikir mereka sendiri. Sebelumnya, kita mengira kemampuan berpikir adalah kualitas bawaan, seseorang adalah pembuat keputusan yang baik, atau bukan sama sekali. Sekarang, kita tahu hal itu tidak benar. Kita bisa menolong orang lain meningkatkan kemampuan berpikir mereka, dengan mengarjkan proses uamh perlu dilakukan.

Kita bisa meningkatkan kemampuan berpikir orang lain dengan melatih mereka menerapkan langkah yang dibutuhkan dalam hal berpikir rasional.

Manfaat berpikir rasional bagi entrepreneur muda sangatlah penting karena berpikir rasional membentuk pemikiran-pemikiran menyerap proses ke dalam setiap situasi, sehingga di saat dihadapapkan pada suatu masalah maka pikiran rasional membuat keputusan di tengah kondisi, sehingga menyediakan langkah-langkah realistis menghasilkan kesimpulan sempurna berupa keputusan untuk menjadikan pemecah maslaah.

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: